Pamor Beras Wuntah (Wos Wuntah) dan Filosofinya

Pamor Beras Wuntah (Wos Wuntah)




Pamor Beras Wuntah atau dalam bahasa jawa disebut Pamor Wos Wuntah merupakan pamor yang paling umum dan banyak dijumpai dalam dunia perkerisan. Pamor ini tergolong dalam pamor Tiban.
Dalam semua keris yang ada, yang pernah dibuat Empu, mungkin lebih dari 50 % berpamor beras wuntah. Variasi bentuk pamor ini amat banyak, dan sebagian agak mirip dengan pamor Ngulit Semongko, Pulo Tirto, dan Pendaringan Kebak.
Dalam motif pamor ini, kadang terselip satu atau beberapa pamor titipan.Ada yang tiban dan ada pula yang rekan.
Ada baiknya diketahui bahwa nama Wos Wuntah artinya Beras Tumpah.
Ditinjau dari sudut Tuahnya, sebagian besar pamor Wos Wuntah memiliki tuah yang baik dan sifatnya tidak pemilih. Artinya, pamor ini akan sangat cocok dengan semua orang yang memilikinya.
Secara umum Pamor Wos Wuntah disebut pamor kerejekian, artinya pamor ini sebagai simbol harapan atau doa agar pemiliknya mendapat rejeki yang banyak dari berbagai sumbernya dan dimudahkan dalam mencari rejeki oleh Tuhan. Diibaratkan beras yang tumpah berserakan di tanah, bertebaran diberbagai tempat, begitulah rejeki yang telah Tuhan sediakan untuk umatnya, tinggal kita berusaha mendapatkannya.
Didalam ilmu perkerisan, sudah sangat populer bahwa Tuah pamor Wos Wuntah / Beras Wuntah adalah untuk mendatangkan rejeki.

Berikut ini contoh-contoh Keris berpamor Beras Wuntah :

1. Keris Sangkelat berpamor Beras Wuntah






2. Keris Carubuk berpampor Beras Wuntah



Kunjungi situs kami !!! ...
www.warungpusaka.com
Klik disini
untuk melihat koleksi
kami

0 Response to "Pamor Beras Wuntah (Wos Wuntah) dan Filosofinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel