Pamor Ngulit Semongko

Pamor Ngulit Semongko (Ngulsem)



Pamor Ngulit Semongko atau ada yang menyingkatnya dengan kata Ngulsem, relatif mudah dibuat. Jumlah lipatannya cukup 24 lapis, bahkan ada yang hanya 16 lapis. Itulah sebabnya , walaupun bentuk motifnya mirip pamor wos wuntah, pamor Ngulit Semongko tampak lebih kasar karena garis-garisnya yang tebal. Sepintas lalu penampilan garis-garisnya mirip dengan garis-garis di permukaan kulit buah semangka. Dari situlah, penamaan pamor ini disebut pamor Ngulit Semongko (semangka).
Pamor Ngulit emongko tergolong pamor tiban, yaitu pamor yang bentuk gambarnya tidak dirancang terlebih dahulu oleh sang empu.
Dari sisi proses pembuatan pola pamornya, tergolong dalam pamor mlumah.
Dari sifat pamornya, pamor Ngulit Semongko termasuk pamor yang tidak pemilih, berarti cocok untuk dimiliki oleh siapa saja.


Filosofi / Tuahnya :

Dalam dunia perkerisan, pamor Ngulit Semongko dipercaya bertuah untuk memperluwes pergaulan ditengah masyarakat luwas. Dan biasanya juga mempermudah rejeki, karna bila kita mudah bergaul dan banyak punya kawan / kenalan, rejekipun semakin luas.
Ada juga yang berpendapat bahwa motif garis-garis pamor ini ibarat jalan bermacam-macam cara yang akan menuju ke satu arah tujuan. Disini sebagai pesan kepada kita agar tidak patah semangat dalam menggapai tujuan, yakinlah masih banyak jalan / cara untuk kita mencapai cita-cita selama kita terus berani maju melangkah dan terus berjuang. Yakinlah bahwa semakin terus kita maju melangkah, semakin jelas arah tujuan kita dari pada kita berhenti atau putar balik ke arah semula karna putus asa.


Contoh keris berpamor Ngulit Semongko :


1. Keris Carubuk berpamor Ngulit Semongko







2. Keris Sabuk Inten berpamor Ngulit Semongko






Kunjungi situs kami
www.warungpusaka.com
klik disini
untuk melihat koleksi
kami

0 Response to "Pamor Ngulit Semongko "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel