Cara membuat keris bisa berdiri


Cara membuat keris bisa berdiri
Apakah benar Keris bisa diberdirikan ?... bagaimana cara membuat keris bisa berdiri ?...
Jika anda buka di Google tentang keris berdiri, akan anda lihat gambar atau foto-foto keris berdiri.
Ada yang berdiri dengan ujung bilahnya, ada yang dengan gagangnya, ada pula yang berdiri diatas kaca atau lantai tanpa ada sandarannya.
Pada umumnya, orang yang melihat Keris berdiri akan merasa heran, lalu beranggapan bahwa keris tersebut adalah keris yang luar biasa, dan punya kekuatan yang istimewa karena bisa diberdirikan dengan ujung bilah runcingnya, atau dibalik dengan gagang yang pangkalnya berbentuk bulat itu. Atau ada juga yang beranggapan bahwa orang yang mampu membuat Keris bisa berdiri adalah orang yang mempunyai Ilmu sakti, Ilmu Kebathinan, Tenaga Dalam dan Ilmu-ilmu sejenisnya.
Jika mau berfikir secara logika, apa benar untuk mendirikan Keris harus mempunyai Ilmu sakti lebih dahulu ? atau hanya keris sakti saja yang bisa berdiri ?
Ternyata  jawabannya adalah tidak jauh dengan hukum Fisika yaitu grafitasi. Jadi cara mendirikan keris itu yang dibutuhkan bukan Ilmu Kebathinan dan semacamnya, tapi ketrampilan dalam hal mengusai keseimbangan sebuah benda, agar seimbang dan dapat berdiri .


Cara berlatih mendirikan keris 
  • Untuk tahap permulaan dalam berlatih, carilah keris sepuh yang ringan. 
  • Siapkan alas atau permukaan lantai yang kasar dan tidak licin.
  • Pakai warangka keris sebagai sandaran dan penyeimbang ujung keris ( keris dengan ujung dibawah).
  • Kosentrasi dan kendalikan rasa agar kita bisa tenang.
  • Cari posisi keseimbangan dengan menggerakan tangan yang memegang keris secara berlahan.
  • Gunakan perasaan dalam mencari posisi keseimbangan keris, tidak usah tergesa-gesa.
Semakin anda giat berlatih dan mencoba berbagai posisi berdirinya keris maka feeling anda akan semakin tajam dan cepat menemukan keseimbangan keris tersebut. Coba juga mendirikan keris yang lainnya. 
Keris bisa berdiri karena keseimbangan semata
Seorang Empu dalam membuat keris tentulah dengan perencanaan rancang bangun yang matang dan membuat detail ricikannya dengan sangat teliti agar bentuk keris yang dibuatnya menjadi serasi, enak dipandang, luwes ,atau disebut juga wangun.
Di tambah dengan komposisi antara materil besi, baja ,dan bahan pamor yang sangat pas menjadikan keris tersebut kuat tetapi ringan. Biasanya ditemukan di keris-keris tangguh tua.
Faktor tersebut  yang mempermudah keseimbangan berdirinya sebilah keris.
"Apakah hanya keris sepuh saja yang bisa berdiri ?"
Tentunya tidak hanya keris sepuh (tua) saja yang bisa berdiri, keris barupun bisa. Bahkan ada keris baru yang bisa berdiri diatas kaca tanpa ada sandarannya.
Keris berdiri tanpa sandaran dengan beralaskan kaca
Kok bisa ya, keris bisa berdiri dengan ujung lancipnya tanpa ada sandaran, bahkan berdirinya di atas kaca yang permukaannya licin.....?
Terlebih lagi itu adalah keris baru dengan bobot lebih berat dari keris-keris tua.
Apakah ada trik kususnya ?
Jawabannya adalah sudah pasti ada trik kusus dan desain kusus dalam membuat keris tersebut.
Artinya : Sang Empu pembuatnya memang sudah merancang desain kusus posisi keseimbangan keris tersebut. Kebanyakan yang dijumpai di foto-foto keris berdiri tanpa sandaran seperti itu biasanya hanya bilah keris tanpa ada gagang / handle nya .
Jika mau mencermati , ujung keris yang tampak runcung itu tidaklah benar-benar runcing, Ujung keris yang tampak runcing itu ternyata didesain seperti terdapat kaki-kaki kecil yang sekilas tidak kelihatan. Atau ada yang menyebutnya ujung Ngembang Cengkeh.
Demikian juga keris berdiri dengan pesi di bawah, ini juga kecermatan sang pembuatnya dalam menentukan keseimbangan bilah keris yang dibuatnya. Ujung pesinya pun dirancang sedemikian rupa agar keseimbangan keris bisa ditentukan.
Bagi orang yang telah mengetahui posisi keseimbangannya , dia dapat dengan mudah mendirikan keris yang dirancang kusus tersebut.

Jadi sekarang anda sudah paham kan tentang trik dibalik keris yang bisa berdiri ? silahkan berlatih.
"SELAMAT MENCOBA"

0 Response to "Cara membuat keris bisa berdiri"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel